Senin, 22 Maret 2010

Rendang Tumbuk

Assalamualaikum WW,

Hai Kawan, jumpa lagi kita

Rendang adalah salah satu lauk dari Sumatera Barat yang sudah sangat terkenal di Seluruh Indonesia, bahkan sudah sampai ke Manca Negara. Daging berbumbu yang kaya akan rasa rempah ini begitu menggoda selera dan membuat orang ingin selalu menikmatinya tanpa rasa bosan. Dimakan di pagi hari untuk sarapan enak, di siang hari makin mantap , untuk makan malam waooww tidak menolak he..he...

Karena Sumatera Barat terdiri dari beberapa daerah kabupaten/kota, maka rasa dan bentuk rendangnya juga beraneka macam walaupun sekilas bentuk dan rasanya hampir mirip. Salah satu resep rendang yang menurut saya rasanya lezat dan bentuknya unik adalah rendang tumbuk dari Payakumbuh. Kenapa begitu ? karena rendang dari Payakumbuh ini dagingnya ditumbuk dulu sebelum dibumbui sehingga dagingnya empuk banget, terus dagingnya dicampur kelapa dan dibuat bulatan-bulatan sebesar kelereng, lucu bentuknya.

Kawan, kebetulan saya punya sepupu yang ibunya asli dari Payahkumbuh dan pintar memasak. Salah satu masakan andalannya ya rendang tumbuk itu. Alhamdulillah kawan, saya beruntung sekali mempunyai saudara yang pintar memasak dan tidak pelit berbagi resep.

Baiklah kawan, sekarang sudah waktunya saya berbagi resep, yuuk dicatat he..he... (tapi jangan lupa dicoba ya, pasti deh ketagihan ha..ha..)


Rendang Tumbuk

-----------------------------------------

Bahan :

1. Daging sapi bagian paha (tanpa lemak) 1 kg

2. Kelapa parut 250 gr, sangrai dan haluskan

3. Kelapa tua 2 butir ukuran besar, parut

4. Air kelapa 2 gelas belimbing

5. Air bersih 2 liter

6. Daun jeruk purut 5 lembar, iris halus

7. Daun kunyit 2 lembar, iris halus


Bumbu yang dihaluskan :

1. Cabai Merah (keriting) 150 gram

2. Bawang merah 100 gram

3. Bawang putih 50 gram

4. Jahe 1 jempol kaki

5. Lengkuas 2 jempol kaki

6. Merica 1 sendok teh

7. Pala 1/2 buah

8. Serai 2 batang diiris halus

9. Garam secukupnya


Cara membuatnya

  1. Tumbuk daging hingga hancur dan halus
  2. Sangrai kelapa parut hingga kuning kecoklatan, haluskan
  3. Ambil 1/4 bagian bumbu halus, campurkan dengan kelapa parut yang telah disangrai, garam dan daging yang telah ditumbuk halus. Aduk rata, kemudian ambil 1 sdt bagian daging lalu bentuk bulat sebesar kelerang, lakukan sampai adonan habis dan sisihkan.
  4. Buat santan kental dengan cara mencampur 2 gelas air kelapa dengan parutan kelapa, peras, saring dan sisihkan
  5. Buat santan sedang dengan cara mencampur 2 liter air bersih dengan parutan kelapa (bekas santan kental), peras, saring dan sisihkan
  6. Campurkan santan sedang dengan sisa bumbu, tambahkan irisan daun jeruk dan daun kunyit. Didihkan dan masak terus sampai kuah mengental.
  7. Setelah santan mengental, masukkan santan kental dari perasan air kelapa beserta bulatan daging. Masak hingga daging matang dan kuah mengental. Jika kuah mulai berminyak, aduk terus dengan api kecil hingga mengering dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
  8. Hidangkan rendang tumbuk bersama dengan rebusan daun singkong dan petai.

Bagaimana kawan, terbayang tidak sedapnya rendang tumbuk Payakumbuh ala sepupu saya ini? . Pasti deh kawan-kawan sudah pada ngiler he..he..

Ayoo segera dicoba dan tolong beritahu saya ya hasilnya, cocok atau tidak dengan selera teman-teman maupun keluarga.

Sekian dulu kawan, bagi-bagi resep dari saya, sampai jumpa di entri-entri saya berikutnya.

Oh ya, buka juga blog saya yang lain ya di www.alicce.blogspot.com (ada macam-macam produksi saya lho), Bagi-Bagi Ilmu di www.aliccehavana.blogspot.com (ada aneka resep pembuatan manisan buah dan sirup buah dan herbal sehat disertai dengan manfaatnya bagi kita).

Wassalamualaikum WW,


Ny.Hj.Alicce Hanafi

1 komentar:

  1. salam kenal,

    hobi bana uni mamasak yo.. :)
    kok ado yang tertarik untuak jalan-jalan sambia baraja masak randang kunjungi ambo di Minangkabau cooking trip yo ni

    BalasHapus