Selasa, 30 Maret 2010

Dendeng Batokok

Assalamualaikum WW,

Hai kawan, pada waktu saya mengikuti suami yang bertugas di Painan yaitu salah satu kota yang terletak di Pesisir Selatan Sumatera Barat, saya pernah merasakan suatu masakan khas dengan bahan dasar daging sapi yang diasap yang disajikan dengan sambal hijau dan lalapan timun serta rebusan daun singkong. Yang memasak waktu itu adalah salah seorang istri pegawai di tempat kerja suami saya. Kata dia masakan itu bernama DENDENG BATOKOK karena daging sapinya sebelum diasap diketok-ketok dulu agar lebih lunak dan melebar. Ada-ada saja ya he..he...

Setelah saya kembali ke Surabaya, saya rindu menikmati dendeng batokok tersebut. Saya mulai mencari resep yang diberikan oleh ibu tersebut dan alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Langsung saya mencoba resep tersebut dan hasilnya , aalaaa maaak sedap sekali. Anak-anak dan suami saya sampai tambah-tambah makannya he..he...

Ingin tahu resepnya , ini saya bagikan resepnya ya ....

Dendeng Batokok

-----------------------

Bahan :

  1. Daging sapi (sebaiknya has luar) 500 gram
  2. Asam Jawa 2 sendok makan
  3. Garam secukupnya
  4. Minyak kelapa (boleh juga minyak goreng) 2 sendok makan


Bahan Untuk Sambal Hijau

-----------------------------------

  1. Cabe hijau 100 gram
  2. Bawang merah 6 buah
  3. Tomat sayur hijau 2 buah
  4. Minyak untuk menumis 4 sendok makan
  5. Daun jeruk purut 5 lembar
  6. Garam secukupnya
  7. Air perasan jeruk nipis 2 sendok teh


Cara membuatnya :

----------------------

Untuk Dendeng Batokok

  1. Potong-potong lebar daging setebal 1/2 cm. Rebus dengan asam jawa dan garam hingga lunak. Angkat , kemudian pukul-pukul (ditokok) hingga memar dan melebar
  2. Bakar lembaran daging di atas bara yang telah diberi beberapa sabut kelapa hingga matang dan berwarna kecoklatan sambil sekali-sekali dioles dengan minya kelapa. Setelah matang angkat , sisihkan.
  3. Sajikan dengan sambal lado hijau (sambal cabe hijau) dan sayuran yang berupa lalapan timun dan daun singkong rebus.


Untuk Sambal lado hijau

-------------------------------

  1. Rebus sebentar Cabai hijau, bawang merah, dan tomat hijau, angkat dan tiriskan.
  2. Tumbuk kasar rebusan cabai hijau, bawang merah dan tomat (beri sedikit terasi jika suka), kemudian tumis sampai berbau harum. Setelah itu masukkan daun jeruk purut dan garam, masak sampai matang dan berminyak
  3. Sebelum diangkat, tambahkan air perasaan jeruk nipis

Mudah kan kawan, ayo dicoba pasti akan menjadi makanan favorit di keluarga anda.

Sudah dulu ya, kita ketemu di entri saya berikutnya


Wassalamualaikum WW,


Ny.Hj.Alicce Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar